Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Denah dan Model Rumah Pada Tanah Asimetris

Pada kesempatan kita berusaha mewujudkan dan membangun rumah yang kita idam idamkan ada tahapan kita mencari tanah atau lahan guna menjadi tempat dibangunnya rumah tinggal kita. Memang kita akan berhadapan dengan banyak pertimbangan di kala mencari tanah dan lahan tempat kita akan membangun rumah dan akan tinggal. Lingkungan sekitar, kondisi fisik tanah yaitu tanah gerak atau stabil serta kontur tanah, luas dan ukuran tanah, harga tanah dan bentuk geometris denah tanah.

Denah Rumah Pada Tanah Asimetris



Sering kali dalam pertimbangan pencarian tanah yang pas itu kita memukan semuanya tepat tetapi mendapatkan bentuk tanah yang tidak ideal atau asimetris yang secara sekilas akan sulit dibuat dan dirancang denah dan bangunan untuk tempat tinggal. Jika memang pertimbangan lain sudah pas dan meninggalkan permasalahan bentuk tanah yang asimetris atau tidak beraturan, kita bisa mensiasatinya dengan mengolah dengan cermat bentuk itu menjadi suatu denah yang pas untuk rumah kita. Biasanya kita akan mendapatkan keuntungan mungkin mendapatkan harga yang murah untuk tanah dengan bentuk asimetris itu. Bahkan kadang-kadang kalau kita bisa mensiasatinya dengan tepat, tanah asimetris bisa menjadi kelebihan dan bisa menjadikan rumah kita menjadi unik dan menarik.

Dalam beberapa gambar dalam artikel ini kami berusaha memberikan beberapa contoh untuk dapat menjadi gambaran bagaimana suatu bentuk tanah yang asimetris dan tidak beraturan bisa menjadikan denah dan model rumah menjadi unik. Pengolahan denah yang pas dan perencanaan bentuk rumah yang pas menjadikannya sangat menarik. Memang dalam hal ini dibutuhkan tenaga profesional dalam menyusun denah dan bentukan geometri komposisi bangunan yang pas, juga perencanaan bentuk atap rumah yang dipakai dengan bentukan denah yang asimetris itu. Jika keliru dalam pengolahan denah dan bentuk, terutama bentuk atap bisa menjadikan rumah tidak benar secara konstruksi atau bisa juga menjadikan kondisi yang berakibat denah dan rumah menjadi tidak nyaman untuk ditinggali.

Dalam beberapa denah hasil dari rancangan tenaga profesinal perancang rumah berikut ini menjadi gambaran bagaimana kondisi bentuk tanah yang tidak menguntungkan bisa dibalik menjadi kelebihan yang menjadikan contoh desain rumah minimalis ini menjadi unik dan menarik.