Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model Rumah Modern Kesan Tradisional

Denah rumah minimalis diyakini berkembang sangat pesat dari waktu ke waktu dan bisa menciptakan dunia baru dalam gaya desain itu sendiri, perubahan drastis ini disebabkan oleh beberapa hal yang menyebabkan orientasi dan budaya masyarakat ikut-ikutan terpengaruh. Akan tetapi tidaklah berubah semuanya yaitu cuma ada beberapa hal yang mengalami pergeseran, dimana masih ada kalangan masyarakat yang masih mau memegang teguh konsep tradisional sebagai pedoman dan ingin menggabungkan nuansa tersebut dengan kemajuan konsep yang sering kita sebut dengan istilah kekinian. Kaidah dan tata nilai masa kini masih banyak kemungkinan untuk berubah dalam usaha mencari identitas baru desain supaya dapat diterapkan pada bangunan masa sekarang.
 
Rumah Modern Tradisional
Pada saat ini sudah umum dijumpai perumahan yang menggunakan gaya modern sebagai dasar konsep hunian mereka, sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa desain rumah modern sama saja dengan desain yang terbarukan. Masyarakat yang memiliki pola pikir modern dimana gaya hidup serta pandangan mereka bergeser dari batasan-batasan keyakinan dan budaya bahkan di bidang arsitektur, karena itu desain konvensional mulai ditinggalkan dan mencoba hal-hal baru yang diyakini mampu merubah segala sesuatu menjadi lebih baik. Arsitektur tradisional merupakan gaya yang ditirunkan berkelanjutan antar generasi yang terikat dengan adat sehingga menjadi konsesi dalam hidup bersama.

Iklim jangan dilupakan menjadi faktor yang absolut karena letak di zona khatulistiwa dimana sudut jatuh sinar matahari tegak lurus sehingga mengakibatkan suhu yang relatif panas. Dibutuhkan ruang terbuka yang dapat mengakomodir udara dalam jumlah yang mencukupi supaya mempertinggi tingkatan comfort dalam ruang, dinding atau penggunaan kaca yang berlebihan tidaklah sesuai dengan daerah yang beriklim tropis. Banyak faktor kesulitan yang dihadapi untuk mengaplikasikan dua gaya ini sehingga hunian rumah tinggal semacam ini sangat langka.

Memang tidaklah mudah untuk menggabungkan sebuah rumah yang menggunakan konsep tradisional dengan sesuatu yang mendapat sentuhan modern, tapi perancang desain rumah telah berusaha mewujudkan dengan memperkuat keutuhan bangunan termasuk merubah desain sejumlah ruangan agar serasi dengan fungsi yang diharapkan. Menyuguhkan sentuhan tradisonal yang kental dengan eksterior bergaya modern menjadikan bangunan modern-tradisional ini elegan karena menyatu dengan keaslian alam tempat ornamen bangunan rumah ini berasal.